esbiYap sudah bertahun-tahun tidak menulis karena kesibukan, kemalasan dan kelupaan, kali ini saya ingin sedikit bercerita mengenai E.S.B.I, apakah itu ?

Konsep Cashflow Quadrant suatu konsep yang sangat terkenal oleh Robert T Kiyosaki, pada bukunya yang saya pernah baca (kalau tidak lupa) menyatakan bahwa pada umumnya aliran dana/sumber pendapatan seseorang dikelompokkan menjadi dari 4 bagian berikut :

  1. E (Employee) : Karyawan, kerja sama orang lain.
  2. S (Self Employed) : Pekerja profesional, independent/kerja sendiri.
  3. B (Business Owner) : Wiraswasta, pemilik usaha.
  4. I (Investor) : Investor, penanam modal pada jenis-jenis investasi.

Singkat kata kuadran ini dibagi jadi 2 sisi, sisi sebelah kiri (E, S) dan sebelah kanan (B, I) dan menurut om Robert kebebasan finansial itu adanya di kuadran sisi sebelah kanan.

Benarkah harus pindah kuadran ?

esbi

Bisa saja kan seseorang berada di area keempat kuadran tersebut, karena untuk pindah secara langsung butuh persiapan macam-macam (modal, waktu, dsb) dan belum tentu orang mau pindah 100% ke salah satu kuadran karena kembali lagi tergantung kepada pribadi masing-masing orang.

Contohnya, ada seorang wanita cantik yang bekerja sebagai sekretaris pada suatu perusahaan (E), karena cantik dan jago make-up wanita ini pada akhir pekan suka dapat job sebagai MUA untuk acara2 pernikahan atau foto2, lalu aktif sebagai vlogger tutorial make-up (S).

Karena benar-benar paham sama make-up, si wanita cantik ini juga jualan produk-produk make-up secara online (B). Tidak lupa wanita ini menyisihkan sebagian pendapatannya untuk berinvestasi beli reksadana maupun emas (I).

Jadi bisa saja orang yang termasuk dalam sisi sebelah kiri kuadran (E,S) menjalankan juga kuadran sebelah kanan (B,I). Terutama pada sebagai Investor, karena sangat mudahnya untuk berinvestasi pada saat ini bisa melalui produk reksadana ataupun saham yang bisa dicicil tiap bulannya tanpa harus dengan modal besar.

Advertisements