Resiko, resiko, dan resiko… Mungkin ketika mendengar kata tersebut yang pertama kali tersirat dalam pikiran orang adalah adanya sinyal “bahaya” yang mengancam sehingga orang cenderung menghindarinya.

Karena ketakutan akan si “resiko” tersebut, muncullah solusinya agar tidak perlu selalu menghindar dari yang namanya resiko karena sudah ada proteksi sehinggga resiko dapat dikurangi / diminimalisir.

Adanya rumah sebagai tempat berlindung dari panas, hujan, dll. Ketika keluar rumah segala macam resiko udah ada, ketika ingin pergi dengan motor / mobil ada resiko kecelakaan dll. Maka dari itu disediakanlah helm untuk proteksi para pengendara motor, payung untuk melindungi dari hujan atau panas ketika diluar.

Seorang pembalap MotoGP tentunya tidak hanya memerlukan helm sebagai proteksinya, dia butuh pakaian 1 set komplit untuk membalap tidak seperti pengendara motor dalam kota yang hanya pakai helm, bahkan sebagian orang boro-boro pakai helm, atau tidak pakai helm seadanya cuma untuk ga ditangkap polisi.

Atlit American Football, juga memiliki jenis proteksi yang berbeda lagi, satu set baju lengkap dengan pelindung disana-sini dan helm pengaman karena jenis olahraga yang keras dengan banyak benturan. Tidak mungkin untuk ikut bermain American Football banya bermodalkan seragam sepakbola biasa.

Apalagi ketika bermain anggar ! Mau main anggar cuma pakai kaya petinju ? Haha..

Jadi untuk memproteksi sebuah resiko, kenali dulu resikonya jangan sampai proteksi yang digunakan tidak sesuai (salah) untuk memproteksi resiko tersebut. Jangan sampai salah memilih proteksi atau anda akan mengalami kerugian yang tidak anda rasakan secara langsung.

Dan sebuah proteksi juga tidak bisa menjamin 100% anda tidak terkena sebuah resiko, resiko selalu ada dimanapun berada tanpa tau kapan hal tersebut akan terjadi. Seorang atlet American Football walaupun sudah lengkap proteksinya tetap saja riskan terhadap cidera, seorang ksatria lengkap dengan baju zirahnya pun juga demikian. Mau berlindung di rumah sepanjang hari ? Pernah ingat berita sebuah pesawat jatuh dan menimpa rumah tersebut yang mengakibatkan korban jiwa ?

Advertisements