Kecil ? gak berharga / gak ada artinya ? Kira-kira apa ya ? Yap, yang saya maksud disini adalah nilai nominal dari suatu uang. Sebagai contoh, bagaimana dengan Rp 100,- ? Nominalnya kecil, sudah itu sering dianggap ga ada artinya. Contohnya, coba aja ada pengamen kita kasih Rp 100, bisa-bisa tuh pengamen ngoceh-ngoceh atau kalo kita ketemu Rp 100,- cuekin aja, belum lagi kalau dapat kembalian recehan Rp 100,- rasanya gimana gitu, bikin malas masukin ke dompet.

Nah coba kalo kita berandai-andai, jika kurang lebih ada 200 juta jiwa penduduk Indonesia, dan secara serentak memberikan Rp 100,- masuk tiba-tiba kedalam rekening saya secara bersamaan. Wow !! Kekayaan saya bertambah Rp. 20 Milyar secara cuma-cuma hanya dari Rp 100,- yang tidak dianggap tidak bernilai.

Jadiย  beginilah, jangan hanya terpaku melihat jumlah nilainya tetapi bagaimana cara kita mengumpulkannya (Itโ€™s not about how much money you earn, but it’s about how much you save money). Karena seperti kata pepatah sedikit-sedikit jadi bukit toh ? Tapi apa hanya dengan cara mengumpulkannya sedikit demi sedikit seperti itu bakal berhasil ? Bisa keburu mati baru kekumpul segitu banyak. Yah itu dialah masalah selanjutnya, jika hanya dikumpulkan begitu saja memang tidak efektif, namun setidaknya dengan hal seperti itu kita sudah bisa mulai menghargai sebuah nilai dan disiplin akan tujuan-tujuan kita.

Apa yang menyebabkannya tidak efektif dan apa cara yang lebih baik ? Tunggu dipembahasan saya berikutnya. Dan sudahkah kita dapat menghargai si kecil ?

Advertisements