Suatu hari saya lagi berjalan sama teman saya, sambil ngobrol-ngobrol bercanda saya iseng bertanya kepada teman saya. “Eh, menurut lu itu hidup itu apaan sih ?” Karena saya dan teman saya sering bercanda dia pun menjawab seperti ini “Hidup tuh kira-kira kaya main game The Sims, jadi ibaratnya ini Tuhan sedang bermain game The Sims, kita ini jadi gamenya.” Ketawa-ketiwi lah kita abis ngobrol-ngobrol seperti itu.

Nah, pernahkah kalian bermain game tersebut (The Sims) ? Game yang dimana kita bermain seperti simulasi kehidupan nyata, orang yang bersosialisasi, bekerja, lifestyle, berkeluarga, dsb. Ketika kita bermain game itu kalau sudah kecanduan, pastinya mereka mau kehidupannya dalam The Sims tersebut berjalan dengan sempurna dimana memiliki kehidupan yang baik.

Pernahkah kita berpikir ? Kenapa kita mau membuat kehidupan tidak nyata tersebut untuk lebih baik, namun tidak untuk kehidupan nyata kita ? Dimana mereka yang bermain ingin memiliki segalanya yang mereka inginkan baik dalam bentuk materi, lifestyle, kehidupan sosial, hingga keluarga, namun dalam kehidupan nyatanya mereka tidak berusaha meraihnya ?

Sebenarnya hal-hal kecil tersebut mudah untuk dilaksanakan, namun kita sering kali lupa dan menyepelekannya sehingga tidak dijalankan dengan baik. Untuk meraih itu semua tentunya kita perlu usaha dan perencanaan yang baik, terutama dalam hal perencanaan keuangan.

Nah, sudahkah anda menjalankan kehidupan nyata anda untuk masa depan yang lebih baik, sebagaimana yang kalian mainkan dalam sebuah game ?

