Home

Menghitung Rata-Rata : Aritmatik vs Geometrik

Leave a comment

meanMean adalah suatu istilah dalam matematika/statistika yang kita kenal sebagai nilai rata-rata.

Disini saya akan menjelaskan 2 cara menghitung nilai rata-rata, hal ini tentunya ada kaitannya dengan return investasi.

More

Pelaporan SPT (Reksa Dana dan Saham)

3 Comments

ayo-isi-spt-tahunanAyoo ayoo lapor SPT !! Sebagai warga negara Indonesia yang baik, kita sebagai wajib pajak pribadi harus laporan nih setiap tahunnya. Kita harus melaporkan Surat Pemberitahuan Tahunan (SPT) paling lambat tgl 31 Maret.

Jadi misalnya mau lapor SPT tahun 2016, batas waktu paling lambat laporinnya tanggal 31 Maret 2017. Toh karena kita juga bisa isinya kalau udah masuk bulan Januari 2017 kan, jadi dikasih PR waktu ngisi selama 3 bulan.

Gimana caranya ? More

E.S.B.I

Leave a comment

esbiYap sudah bertahun-tahun tidak menulis karena kesibukan, kemalasan dan kelupaan, kali ini saya ingin sedikit bercerita mengenai E.S.B.I, apakah itu ?

Konsep Cashflow Quadrant suatu konsep yang sangat terkenal oleh Robert T Kiyosaki, pada bukunya yang saya pernah baca (kalau tidak lupa) menyatakan bahwa pada umumnya aliran dana/sumber pendapatan seseorang dikelompokkan menjadi dari 4 bagian berikut :

Read more…

Lanjut Kenal Reksa Dana

Leave a comment

Lanjuttt…. Eh ternyata si doi punya nama bule lohh, namanya Mutual Fund (ga penting deh). Kabarnya sih si doi pertama kali dikenal di Indonesia pada pertengahan tahun 1990-an, hmm.. Termasuk generasi millennial nih.

Sebenarnya dana yang terkumpul di Reksa Dana diinvestasikan dimana sih ? Jawabnya, ya macam-macam jadi sang MI (Manajer Investasi) menginvestasikan dana yang terkumpul dari investor pada portofolio efek seperti SBI, obligasi, dan saham.

Maka dari itu, secara umum Reksa Dana memiliki berbagai macam jenis, apa saja jenis-jenisnya ? Read more…

Kenalin Nih si Reksadana

Leave a comment

Mungkin sudah banyak diantara kita yang sudah kenal sama sosok yang satu ini, ya dia emang cukup terkenal tapiii buat yang belum kenal, nih kali ini ane coba kenalin dehh, nih dia si doi namanya Reksa Dana.

Jadi Reksa Dana itu ibarat kumpulan dana bersama yang dikumpulkan dalam satu tempat wadah yang nantinya dikelola pihak lain. Nah loh ? Kalo dananya dibawa kabur gimana ? Dana yang nantinya akan dikirimkan akan disimpan ditempat lain yang tidak langsung dipegang oleh si pengelola.

Read more…

Resiko dan Proteksi

Leave a comment

Resiko, resiko, dan resiko… Mungkin ketika mendengar kata tersebut yang pertama kali tersirat dalam pikiran orang adalah adanya sinyal “bahaya” yang mengancam sehingga orang cenderung menghindarinya.

Karena ketakutan akan si “resiko” tersebut, muncullah solusinya agar tidak perlu selalu menghindar dari yang namanya resiko karena sudah ada proteksi sehinggga resiko dapat dikurangi / diminimalisir.

Read more…

Investasi

Leave a comment

Ibarat kita sedang bercocok tanam, kita tabur benihnya, diberi pupuk, disiram, lalu jika sudah saatnya panen kita menikmati hasilnya. Tapi belum tentu semua berjalan dengan baik, panen kita bisa gagal karena diserang hama, cuaca, tidak diberi pupuk, tidak disiram, dll.

Ya kurang lebih seperti itulah gambaran dari INVESTASI.

Apa itu investasi  ? Read more…

Older Entries